Pramugari | Sejarah, Tugas dan Kualifikasi

Pramugari, yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan stewardess atau cabin crew, adalah karyawan perusahaan atau maskapai penerbangan yang ditempatkan di dalam pesawat terbang, yang tugas pokoknya adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang pesawat, baik di pesawat komersial, pesawat pribadi atau bahkan pesawat kemiliteran. Dan sebagai tambahan, pramugari juga ditugaskan untuk melayani penumpang seperti misalnya membagikan makanan atau minuman selama dalam penerbangan.

 

Sejarah Pramugari

Pramugari yang bekerja di pesawat mempunyai peran dan tugas yang sama jika bekerja di kapal pesiar atau di kereta api. Tetapi dalam hal berinteraksi dengan penumpang, peran pramugari lebih besar bila dibandingkan jika bekerja di kapal pesiar atau di kereta api. Hal tersebut dikarenakan ruang lingkup kerja di pesawat yang lebih kecil dan terbatas. Selain itu, tanggung jawab pramugari terhadap keselamatan penumpang pesawat relatif lebih besar bila dibandingkan dengan kapal pesiar atau kereta api. Petugas penerbangan yang ditempatkan di dalam pesawat, sering kali disebut dengan istilah “cabin crew”, yang terdiri dari pilot dan co-pilot yang bekerja di kokpit serta pramugari yang berinteraksi langsung dengan penumpang.

Pramugari Heinrich Kubis
Pramugara pertama di dunia, Heinrich Kubis (tengah) sedang bertugas melayani penumpang balon udara DELAG LZ-120 Bodensee, musim panas tahun 1919.

Warga negara Jerman yang bernama Heinrich Kubis, dikenal sebagai pramugara udara pertama di dunia, bertugas pada tahun 1912. Kubis menjalankan tugasnya di Balon Udara Zeppelin yang bernama LZ 10 Schwaben. Ia juga menjadi pramugara di balon udara Zeppelin terkenal lainnya, LZ 129 Hindenburg dan ia sedang bertugas ketika balon udara zeppelin tersebut terbakar di udara. Ia selamat dengan cara melompat melalui jendela sesaat sebelum balon udara tersebut jatuh terhempas ke bumi.

 

Maskapai Penerbangan Imperial di Inggris, pada tahun 1920-an memiliki karyawan dengan jabatan sebagai pramugara. Di Amerika Serikat, Maskapai Penerbangan Stout adalah perusahaan yang pertama memperkerjakan pramugara di pesawat Ford Trimotor, yang melayani rute penerbangan antara Detroit dan Grand Rapids, Michigan. Western Airlines (1928) dan Pan Am Airways (1929), adalah maskapai penerbangan pertama di Amerika Serikat yang memperkerjakan pramugara dengan tugas menyajikan dan melayani makanan ke penumpangnya.

 

pramugari pertama ellen church
Pramugari pertama di dunia, Ellen Church, adalah seorang perawat dan bekerja di maskapai United Airlnes

Pramugari perempuan yang pertama adalah seorang perawat berusia 25 tahun, bernama Ellen Church. Pada tahun 1930, United Airlines memperkerjakan Church sebagai pramugari sekaligus perawat di pesawatnya. Dan tak lama kemudian, maskapai penerbangan lainnya menyusul langkah United Airlines untuk mengangkat pegawai perempuan dengan klasifikasi perawat untuk bekerja sebagai pramugari.

Pada waktu itu, sekitar tahun 1930-an dan besamaan dengan era “Great Depression” atau kelesuan ekonomi yang melanda dunia, khususnya Amerika Serikat, profesi pramugari adalah profesi yang diijinkan diisi oleh perempuan (saat itu hanya sedikit pekerjaan yang boleh diisi oleh wanita). Bulan Desember 1935, Transcontinental dan Western Airlines membuka lowongan pramugari, tersedia 43 posisi dan yang mendaftar sebanyak 2000 orang.

 

Pramugari perempuan dengan cepat menggantikan posisi pria, dan pada tahun 1936, pramugari perempuan telah mengambil alih semua peran yang sebelumnya dikerjakan oleh pramugara. Pramugari dipilih tidak hanya karena pengetahuannya saja, tetapi juga karakter atau sifatnya. Sebuah artikel di New York Times pada tahun 1936, menjelaskan persyaratan yang dibutuhkan :

Gadis yang memenuhi syarat untuk pramugari harus mungil. Berat badan antara 45 kg sampai 54 kg. Tinggi antara 152 cm sampai 165 cm. Usia antara 20 sampai 26 tahun. Lolos pemeriksaan kesehatan yang ketat dan dilakukan 4 kali setahun untuk meyakinkan bahwa kondisi kesehatan Anda selalu prima.

 

Tiga dekade kemudian, pada tahun 1966, iklan di New York Times membuka lowongan pekerjaan untuk posisi pramugari dengan persyaratan :

Lulusan SMA, belum menikah (janda tanpa anak bisa dipertimbangkan), usia 20 tahun (usia 19.5 tahun bisa melamar untuk rekruitmen berikutnya), tinggi badan minimal 157 cm, tetapi tidak lebih dari 175 cm, berat badan antara 48 kg dan 61 kg dan proposional dengan tinggi badan, serta tidak memakai kaca mata.

 

Penampilan menjadi faktor yang paling diperhatikan untuk menjadi seorang pramugari. Pada waktu itu, maskapai penerbangan mempunyai pandangan bahwa eksploitasi tubuh wanita akan meningkatkan keuntungan mereka, sehingga seragam pramugari cenderung untuk ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh, dilengkapi dengan sarung tangan putih dan sepatu hak tinggi.

Di Amerika Serikat, selama menjalani pekerjaannya, pramugari tidak boleh menikah dan akan diberhentikan jika mereka memutuskan untuk menikah. Persyaratan untuk memiliki sertifikat keperawatan agak diperlonggar dan membuka kesempatan lebih besar bagi para wanita untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan. Karena pada saat itu, selama Perang Dunia II, banyak perawat yang bergabung ke dinas kemiliteran.

Ruth Carol Taylor adalah wanita kulit hitam pertama yang bekerja sebagai pramugari di Amerika Serikat. Diterima kerja di bulan Desember 1957, dan pada tanggal 11 Februari 1958, Taylor bertugas di maskapai Mohawk Airlines dan melayani rute penerbangan dari Ithaca ke New York. Dan enam bulan kemudian Taylor berhenti dari pekerjaannya karena memutuskan untuk menikah.

 

Tanggung Jawab Pekerjaan Pramugari

Sebelum berangkat terbang, cabin crew akan selalu mengadakan briefing yang diikuti oleh pilot dan seluruh cabin crew. Dalam briefing ini, akan dibahas semua checklist keamanan dan situasi emergensi, lokasi dan jumlah peralatan emergensi dan hal hal spesifik lainnya yang berhubungan dengan jenis dan tipe pesawat. Semua hal yang berhubungan dengan keberangkatan pesawat akan dibahas, seperti penumpang yang memerlukan kebutuhan khusus (misalnya memerlukan kursi roda), anak kecil yang berpergian sendirian, atau tamu istemewa yang memerlukan perlakuan khusus. Kondisi cuaca juga didiskusikan, untuk mengantisipasi jika terjadi turbulence (tekanan udara yang mendadak turun, yang akan menyebabkan pesawat terguncang atau kehilangan ketinggian).

Menjelang berangkat terbang, semua hal yang berhubungan dengan keamanan pesawat akan diperiksa, untuk meyakinkan bahwa semua peralatan keamanan seperti pelampung pengaman, lampu senter dan alat pemadam kebakaran sudah ada di pesawat, jumlahnya mencukupi dan dalam kondisi yang bagus. Jika ada hal yang tidak berfungsi atau ada item yang kurang, harus dilaporkan dan diperbaiki sebelum pesawat take off.

Stewardess harus memeriksa kabin pesawat untuk bau atau kondisi yang mencurigakan. Membantu untuk mengangkat bawaan atau koper penumpang yang bisa dibawa masuk kabin ke bagasi di atas tempat duduk, memeriksa berat dan ukuran koper, serta memeriksa barang-barang yang berbahaya dan dilarang untuk masuk ke dalam kabin.

Diperiksa juga penumpang yang kebetulan duduk di barisan kursi yang dekat dengan pintu darurat, apakah penumpang tersebut mampu untuk membantu jika ada kondisi darurat dan diperlukan evakuasi. Jika dirasa penumpang yang duduk di dekat pintu darurat tersebut tidak mampu, maka perlu untuk dipindahkan ke tempat duduk lainnya.

 

pramugari dan keselamatan penumpang

 

Tugas selanjutnya adalah melakukan demo keamanan atau memperlihatkan cara menggunakan alat keamanan ketika terjadi kondisi darurat. Dan tepat sebelum pesawat take off, pramugari harus memeriksa meja di depan kursi penumpang telah terlipat pada tempatnya, sandaran kursi telah ditegakan, sabuk pengaman sudah dipakai.

Semua layanan dan tugas yang dikerjakan antara waktu boarding hingga pesawat take off, disebut dengan istilah “Pre Take Off Service”.

Begitu pesawat telah mengudara, stewardess biasanya akan menyajikan minuman dan / atau makanan untuk penumpang. Bila tidak melakukan tugas melayanani penumpang, maka harus melakukan pemeriksaan kabin secara berkala dan memperhatikan, apakah ada suara atau situasi yang tidak seperti biasanya. Pemeriksaan juga dilakukan di toilet, untuk memastikan detektor asap berfungsi dengan baik serta mengisi kembali persediaan tissue, sabun cair dan perlengkapan lainnya jika sudah habis. Pemeriksaan kokpit rutin harus dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pilot.

Sebelum mendarat, semua barang, baki bekas makanan dan sampah, harus dikumpulkan bersamaan dengan peralatan servis dan peralatan dapur. Semua cairan panas harus dibuang. Dan terakhir, kabin secara keseluruhan harus diperiksa sebelum pesawat melakukan pendaratan. Sangat penting diingat bahwa pramugari harus tetap waspada karena sebagian besar keadaan darurat terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat.

Setelah pesawat mendarat, pramugari berdiri di dekat pintu keluar dan tetap memantau kabin saat para penumpang turun dari pesawat. Bantuan diberikan kepada penumpang yang berkebutuhan khusus, seperti yang memakai kursi roda, atau anak kecil yang berpergian sendirian.

 

Kualifikasi Pramugari

Pelatihan

Pramugari biasanya mendapatkan pelatihan di suatu tempat yang sering kali disebut dengan nama “hub”, yaitu kantor pusat maskapai penerbangan. Lama pelatihan berlangsung antara 4 minggu sampai 6 bulan, tergantung kebijakan perusahaan atau aturan dari pemerintah setempat. Pelatihan difokuskan pada materi keselamatan penumpang, dan setiap kandidat akan dilatih berdasarkan jenis pesawat yang dimiliki oleh maskapai. Salah satu fasilias pelatihan yang paling lengkap adalah Breech Academy yang terletak di Overland, Kansas, Amerika Serikat. Fasilitas pendidikan ini dimiliki oleh maskapai penerbangan Trans World Airlines (TWA), dan resmi digunakan mulai tahun 1969. Pada masa awal berdirinya pusat pelatihan ini, banyak maskapai penerbangan lain yang mengirimkan calon cabin crew yang direkrut untuk di sekolahkan dan didik di pusat pelatihan Breech Academy. Namum selama berlangsungnya perang tarif antar maskapai, pusat pendidikan ini mulai sepi peminat, dan akhirnya ditutup pada tahun 1988.

pelatihan pramugariPelatihan mengenai keselamatan pada penerbangan mencakup materi mengenai keselamatan penumpang, manajemen evakuasi, penggunaan alat peluncur atau pelampung, pemadam kebakaran di dalam pesawat, pertolongan pertama, prosedur jika terjadi pendaratan darurat, kondisi dekompresi kabin pesawat dan keamanan untuk hal hal yang dianggap mencurigakan.

Di Amerika Serikat, aturan pemerintah mewajibkan maskapai penerbangan untuk menempatkan cabin crew di penerbangan yang menggunakan pesawat dengan kapasitas minimal 20 tempat duduk.

Ada juga sekolah pramugari yang tidak berafiliasi dengan maskapai penerbangan tertentu, yang juga memberikan pelatihan dasar mengenai tugas dan fungsi flight attendance. Meskipun tidak mempunyai fasilitas praktek yang nyata (karena tidak berafiliasi dengan maskapai penerbangan, tentu saja tidak mempunyai pesawat benaran), tetapi kurikulum yang diajarkan akan membantu siswanya untuk mengerti tugas dan pekerjaan cabin crew dan akan mempersiapkan siswa untuk mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan yang diinginkan. Untuk praktek kerja, sekolah seperti ini biasanya menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk menjalankan praktek di pesawat yang dimiliki oleh maskapai tersebut.

 

Bahasa

Pramugari dengan kemampuan beberapa bahasa, sangat diminati oleh maskapai penerbangan. Tapi tentu saja, yang paling utama adalah kemampuan untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik. Selain Bahasa Inggris, maskapai penerbangan internasional sangat memerlukan staf kabin yang mampu dan cakap berbahasa Perancis, Spanyol, Jepang, Arab, Jerman, Rusia. Dan akhir akhir ini, seiring dengan pertumbuhan ekonominya, banyak maskapai penerbangan yang mencari pramugari dengan kemampuan berbahasa China yang baik. Dan biasanya, gaji pramugari yang menguasai beberapa bahasa, akan dibayar lebih dan mendapatkan bonus tambahan dari maskapai.

 

Tinggi badan dan berat badan

Sebagian besar maskapai penerbangan memiliki persyaratan tinggi badan minimal untuk alasan keamanan, yaitu memastikan bahwa semua cabin crew dapat mencapai peralatan keselamatan yang letaknya di atas kepala. Biasanya, tinggi yang dapat diterima adalah 160 cm sampai 185 cm.

Beberapa maskapai penerbangan, seperti EVA Air, memiliki persyaratan ketinggian untuk tujuan estetika semata. Operator regional yang menggunakan pesawat kecil dengan langit-langit kabin pesawat yang rendah dapat merekrut karyawan dengan tinggi badan dibawah 160 cm.

Calon pramugari juga dilihat berat badannya juga. Berat badan biasanya harus sebanding dengan tinggi badan. Calon yang berat badannya di luar rentang normal mungkin tidak memenuhi syarat untuk diterima sebagai pramugari.

 

 

Pendaftaran Online Program Pelatihan Sekolah Pramugari BRA

Ada pertanyaan? Atau ada hal yang masih belum jelas?
Hub. HP 0822 6075 1989 | WA 0822 6075 1989

klik nomer HP di atas untuk melakukan panggilan telp atau chat WA

 
Jika dirasa artikel ini bermanfaat, tolong dibagikan dengan teman-teman atau kerabat di Facebook dan Whatsapp, supaya mereka juga bisa mengambil manfaat dari artikel ini, cukup dengan 1 klik saja.

 
 

Artikel Menarik Lainnya :

GAJI PRAMUGARI

Gaji PramugariMenjadi pramugari menjadi salah satu bidang pekerjaan favorit bagi para wanita yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, baik lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Kejuruan, lulusan Diploma atau bahkan yang baru saja menyelesaikan kuliahnya dengan gelar sarjana. Hal yang membuat profesi pramugari sangat diminati oleh para lulusan baru tersebut adalah daya tarik gaji pramugari yang relatif tinggi bila dibandingkan dengan profesi lainnya.

Selain potensi penghasilan pramugari yang menjanjikan, daya tarik lainnya adalah kesempatan untuk melihat banyak tempat yang indah di berbagai wilayah, baik di dalam maupun luar negeri. Serta kesempatan untuk berlibur di banyak tempat dengan biaya dari perusahaan tempat bekerja.

baca artikel selengkapnya

 

SYARAT MENJADI PRAMUGARI

Blog Icon Home - Syarat Menjadi Pramugari 02Mungkin Anda telah sering mendengar atau membaca daftar panjang yang menjelaskan apa saja syarat menjadi pramugari. Artikel ini akan membahas dengan lengkap, apa syarat menjadi pramugari yang diterapkan oleh banyak maskapai penerbangan dalam melakukan rekruitmen pramugari baru.

1. Usia
Semua maskapai pasti mensyaratkan minimal usia bagi pramugari yang hendak mengikuti test seleksi masuk. Batas usia minimal kandidat adalah 18 tahun atau lebih tua dari itu. Bahkan mungkin ada maskapai yang mensyaratkan usia minimal yang lebih dari 18 tahun. Semua tergantung masing masing kebijaksanaan perusahaan.

baca artikel selengkapnya

DMCA.com Protection Status

Summary
Pramugari : Sejarah, Tugas dan Kualifikasi
Article Name
Pramugari : Sejarah, Tugas dan Kualifikasi
Description
Menjelaskan dengan lengkap sejarah pramugari, tugas yang dilakukan dan kualifikasi yang diperlukan. Sekolah Pramugari Brilliant Red Angels.
Author
Publisher Name
Sekolah Pramugari Brilliant Red Angels
Publisher Logo

Comments

comments